Ringkasan : PENELITIAN PENDIDIKAN

Saturday, June 4, 2011

PENELITIAN PENDIDIKAN
1. Definisi Penelitian

Penelitian di bidang pendidikan dibangun dari dua kata yaitu penelitian dan pendidikan (Educational Research). Research secara etimologis berasal dari dua kata re dan search. Re berarti kembali atau berulang-ulang dan search berarti mencari, menjelajahi atau menemukan makna. Dengan demikian penelitian atau riset berarti mencari, menjelajahi, atau mennemukan makna kembali secara berulang-ulang untuk membangun sebuah hukum, dalil, generalisasi, memvalidasi, atau menguji teori yang sudah ada.

Istilah lain yang sering dipertukarkan dengan riset atau penelitian adalah studi  dan investigasi. Kata “studi” atau “investigasi” lebih cocok dipakai pada peristiwa kerja penelitian di tingkat praktis di lapangan, sedangkan penelitian menggambarkan keseluruhan proses kegiatan tersebut.

Ciri dominan penelitian secara umum adalah :  
  • Suatu kerja penelitian dirancang dan diarahkan untuk memecahkan suatu masalah tertentu
  • Suatu kerja penelitian tekanannya pada pengembangan generalisasi, prinsip-prinsip serta teori-teori
  • Suatu kerja penelitian berangkat dan bermuara pada masalah / objek yang dapat diobservasi
  • Suatu kerja penelitian memerlukan observasi dan deskripsi yang akurat
  • Suatu kerja penelitian berkepentingan dengan penemuan-penemuan baru (bukan sekedar sintesis atau mengorganisasikan hal-hal yang diketahui sebellumnya)
  • Suatu kerja penelitian mesti dirancang secara teliti prosedur-prosedurnya, serta pemikiran-pemikiran rasional yang mengikutinya
  • Suatu kerja penelitian menuntut keahlian
  • Suatu kerja penelitian diwarnai ooleh upaya objektif dan logis
  • Suatu kerja penelitian menuntut kesabaran dan tidak dilakukan secara ekstra hati-hati atau teliti dan cermat
  • Suatu kerja penelitian kadang-kadang menuntut keberanian 
2. Definisi Penelitian Pendidikan

Penelitian pendidikan, suatu kegiatan yang diarahkan kepada pengembangan pengetahuan ilmiah tentang kejadian-kejadian yang menarik perhatian para pendidik. Penelitian pendidikan juga dapat diartikan sebagai suatu metode kerja atau metode pemecahan masalah yang dilakukan secara terencana dan cermat, dengan maksud mendapatkan fakta-fakta dan kesimpulan mengenai keadaan/peristiwa/ situasi atau kegiatan pendidikan agar dapat memahami, menjelaskan, meramalkan, dan mengendalikan keadaan/peristiwa/situasi atau kegiatan pendidikan itu; suatu metode kerja untuk menemukan kebenaran, berupa kebenaran empiris, logis, dan etis. 
Arah penelitian pendidikan adalah : menggambarkan/menjelaskan keadaan,  memecahkan masalah, menemukan/mengembangkan model/pola/cara kerja, membuat keputusan/kebijakan, mengembangkan/menguji konsep/teori, memperbaiki: keadaan, peristiwa, situasi, kegiatan pendidikan.

3. Karakteristik Penelitian Pendidikan

  • Sistematis yaitu langkah-langkahnya tiap tahap runtut dan bersinergi antar tahapan
  • Logis yaitu dalam urutan sistematis terdapat keterkaitan yang masuk nalar atau logika
  • Empiris yaitu berdasarkan atas fakta empirik yang diperoleh dari subjek atau objek yang diteliti
  • Bersifat reduktif yaitu tidak semua aspek dimasukan dalam fokus peneliti tapi direduksi menjadi sejumlah variabel yang relevan dengan permasalahan penelitian
  • Bersifat reflektibel dan transmitabel yaitu  dapat diulang pada penelitian lain yang serupa dengan hasil akan sama dan hasil tersebut dapat digunakan untuk kepentingan lebih besar
4. Ciri khas Penelitian Pendidikan
  • Berkisar pada seputar masalah yang ingin dipecahkan
  • Mengandung unsur-unsur originalitas
  • Didasarkan atas pandangan ingin tahu
  • Dilakukan secara terbuka
  • Berdasarkan asumsi, bahwa suatu fenomena mempunyai hukum dan pengaturan (order)
  • Untuk menemukan generalisasi atau dalil
  • Harus menggunakan pengukuran yang akurat
5. Pendekatan Penelitian
Secara garis besar terdapat dua macam pendekatan penelitian pendidikan yaitu pendekatan kuantitatif  dan pendekatan kualitatif, walaupun muncul sebuah pendekatan baru dalam penelitian yang disebut triangulasi.

a. Penelitian Kuantitatif
Secara sederhana penelitian kuantitatif adalah penelitian yang datanya dikumpulkan dan disajikan dalam bentuk angka.

Ciri penelitian kuantitatif adalah :
  • Digunakan pada ilmu-ilmu keras
  • Fokus, ringkas dan sempit
  • Reduksionistik
  • Objektif
  • Penalaran logis dan deduktif
  • Basis pengetahuan dengan hubungan sebab akibat
  • Menguji teori
  • Kontrol atas variabel
  • Pengumpulan data dengan instrumen
  • Elemen dasar analisis dengan memakai angka
  • Analisis statistik atas data
  • Generalisasi
Contoh penelitian kuantitatif adalah : “Hubungan antara Komitmen Organisasi, Kepribadian Dasar, dan Kompetensi dengan Kinerja Pamong Belajar (studi pada SKB Kab dan Kota bandung)”
b. Penelitian Kualitatif
Secara sederhana penelitian kualitatif adalah penelitian yang datanya dikumpulkan dan disajikan dalam bentuk naratif.

Ciri penelitian kualitatif adalah :
  • Digunakan pada ilmu-ilmu lunak
  • Fokus kompleks danluas
  • Holistik atau menyeluruh
  • Subjektif atau perspektif
  • Penalaran : dialitik-induktif
  • Basis pengetahuan dengan makna dan temuan
  • Mengembangkan atau membangun teori
  • Sumbangsih tafsiran
  • Komunikasi dan observasi
  • Elemen dasar analisis : kata-kata
  • Interpretasi individual
  • Keunikan
Contoh penelitian kualitatif adalah : “Pendidikan Keterampilan Fungsional untuk Meningkatkan Kemampuan Bermatapencaharian (Studi pada Kelompok Belajar Usaha di PKBM Mitra Karya Kab. Sumedang)”
Perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif dijelaskan pada tabel berikut ini : 




(Bersambung ......)
 Oleh Kelompok VI (Arief Rakhmat, Sarna Suryana, Ruswan, Ayi)
Rangkuman oleh Arief Rakhmat

0 comments:

Search by google

Custom Search

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP